• slide-4
wowslider by WOWSlider.com v8.7


Home / Berita / Meningkatkan pembangunan gedung di segala bidang

Meningkatkan pembangunan gedung di segala bidang

Seperti lazimnya pada negara-negara sedang berkembang, pembangunan di Indonesia berjalan cukup pesat, baik pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah maupun oleh masyarakat dan instansi swasta. Pembangunan di sini meliputi bangunan fisik maupun non fisik. Pembangunan yang dilaksanakan pemerintah biasanya diwujudkan melalui proyek-proyek baik tingkat pusat maupun daerah. Perkembangan bidang konstruksi dari waktu ke waktu mengalami perkembangan seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi konstruksi dalam pelaksaanan proyek konstruksi, demikian juga perkembangan manajemen proyek di negara Indonesia tidak terlepas dari perkembangan industri jasa konstruksi yang di tawarkan, sedang perkembangan industri jasa konstruksi berhubungan erat dengan pelaksanaan pembangunan di segala bidang.

Meningkatnya volume pembangunan di segala bidang, diikuti pula cara peningkatan pengelolaan pelaksanaan pembangunan. Pelaksanaan pembangunan tersebut tidak bisa lepas dari hubungan kerja antara unsur-unsur pelaksana pembangunan yaitu pemberi tugas/prinsipal, perencana dan kontraktor/pemborong, hubungan kerja ini disesuaikan dengan volume kegiatan untuk masing-masing jenis pekerjaan bangunan. Perkiraan biaya merupakan unsur penting dalam pengelolaan biaya proyek secara keseluruhan, perkiraan biaya mempunyai fungsi merencanakan dan mengendalikan sumber daya seperti material, tenaga kerja dan waktu, perencanaan yang teliti akan sangat menentukan kelancaran pelaksanan proyek. Terjadinya keterlambatan dalam pelaksanaan akan menyebabkan pembiayaan melampaui batas yang direncanakan. 

Dalam suatu proyek pengendalian biaya dan waktu/jadwal proyek sangat penting, bila jadwal dan waktu tidak terkendali sebagaimana mestinya, pemilik akan mengalami kesulitan biaya dalam penyelesaian proyek, demikian pula tenaga kontraktor dapat mengalami kerugian. Pada pelaksanaan pembangunan Gedung masih banyak kekurangan, terutama pada masalah pengendalian waktu dan biaya, persoalan tersebut sangat perlu untuk dievaluasi agar tidak terjadi kesalahan ulang di waktu yang akan datang

Sumber : http://eprints.ums.ac.id/6712/1/bab1.pdf

 

 

About admin

Check Also

Topografi Proyek -CV. Bangun- Jasa Arsitek dan Kontraktor-Balikpapan

Peta Topografi: Pengertian, Karakteristik, Isi dan Fungsinya (Paling Lengkap)

Jenis peta ada banyak sekali, seperti yang kita ketahui sebelumnya, Secara garis besar peta dibagi menjadi …